Tuesday, November 24, 2009

Kota Tanjungpinang



Provinsi Kepulauan Riau adalah provinsi termuda di Indonesia, keberadaan provinsi ini baru diakui dan disetujui oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2003, walaupun kenyataannya pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat Kepulauan Riau jauh-jauh hari telah mengusulkan pembentukan Kabupaten Kepulauan Riau menjadi sebuah provinsi. Pulau yang diberi nama pulau Bintan ini adalah salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Riau yang letak geografisnya sangat strategis karena berdekatan dan berbatasan langsung dengan dua negara Asean yaitu Singapura dan Malaysia.
Provinsi Kepulauan Riau beribukota di Tanjungpinang. Kota Tanjungpinang berdiri pada tahun 1784, dengan penduduk asli suku Melayu. Kota Tanjungpinang yang terletak di selatan Pulau Bintan merupakan kota yang sarat akan sejarah, budaya dan adat istiadat Melayu. Salah satu pulau yang sarat dengan sejarah adalah Pulau Penyengat, di pulau ini terdapat banyak peninggalan berupa potensi cagar budaya dengan wujud bangunan-bangunan arsitektural, makan dan situs.
Kepulauan Riau memiliki karakteristik geografis yang unik karena berada di jalur perdagangan internasional juga memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah sehingga banyak investor baik lokal maupun asing yang telah banyak menanamkan modalnya.

No comments:

Post a Comment