Saturday, November 14, 2009

Menu Dropdown

Hallo sahabat Blogger's ...



Dalam konsep blog, setiap posting kita akan terarsip otomatis secara rapi setiap bulan. Setiap memasuki bulan baru, seperti Januari, Februari, dan seterusnya, maka arsip bulan akan tampil di sidebar Blog. Masalahnya, kalau kita sudah ngeblog selama dalam jangka waktu yang cukup lama, maka arsip dari bulan-bulan yang lalu atau mungkin tahun yang lalu akan berjejer di sidebar kita. Kebayangkan? sepertinya bisa panjang banget tuh sidebar. Nah.. langkah praktis mengatasi hal ini adalah dengan membuat pull-down menu



Jadi, berapa bulan atau tahun kita blogging di blogger/blogspot, menu bulan-bulan tsb tidak akan memenuhi dan berjejer panjang di sidebar kita. Yang terlihat hanya nama “Archives”, baru setelah di klik, akan muncul nama bulan arsip-arsip kita.
Untuk membuat arsip pulldown ini ada dua cara, yaitu untuk blogger dengan template klasik, dan template baru. Untuk template klasik langkahnya yaitu :
1. Login ke www.blogger.com dengan id Anda
2. Klik Template
3. Di bagian sidebar blog Anda bagian archives, ada kode html sbb:











4. Nah, ganti kode di atas dengan kode html di bawah ini:






5. Apabila selesai, klik SAVE CHANGES. Bila sudah DONE, klik REPUBLISH.
6. Selesai.


Untuk pengguna template baru, ikuti langkah-langkah, berikut :
1. Login, dengan id Blogger Anda
2. Klik LAYOUT
3. Klik PAGE ELEMENTS, cari element (kotak) yang bertuliskan Blog Archive
4. Klik Edit pada kotak Blog Archive tadi
5. Di samping tulisan Style ada beberapa radio button, pilih radio button yang bertuliskan Dropdown Menu dengan cara memberi tanda tik/cek
6. Klik Save Changes
7. Selesai
Nah keterangan di atas tadi merupakan langkah-langkah untuk membuat menu Dropdown untuk Arsip, Sekarang bagai mana caranya membuat menu dropdown yang di dalam nya ada linknya, Untuk membuatnya silahkan anda copy kode HTML di bawah :















1 comment: