Sunday, April 18, 2010

Prangko dan Marketing

Prangko telah mengalami pengayaan makna, ia bukan lagi sekedar benda pos yang berfungsi sebagai alat pelunasan yang sah dalam jasa pengiriman pos, melainkan telah berkembang menjadi produk filateli yang bermakna lebih luas. Dalam sebuah prangko terkandung informasi pengetahuan dan kreasi seni yang tidak habis-habisnya.

Dengan daya tarik yang luar biasa itu, Prangko merekat penggemarnya dengan jelajah yang sangat luas, mencakup semua kelompok dan lapisan masyarakat, pria dan wanita, tua dan muda, kaya maupun miskin, dari anak sekolah dasar hingga guru besar, dari  karyawan biasa hingga pejabat tinggi, dari rakyat kecil hingga konglomerat, mereka melakukan kegiatan filateli tanpa ada sekatpembatas yang membedakan Kebangsaan, Agama, atau warna kulit.

Untuk menyikapi potensi dan peluang pasar Filateli yang masih terbuka lebar di Indonesia, beberapa upaya yang dilakukan kantor pos Tanjungpinang kepulauan riau antara lain:

1. Mendirikan Group/Klub Prangko PRISMA di Facebook.
Dalam waktu 3 (tiga) hari setelah didirikannya Klub Prangko PRISMA di Facebook, Klub ini sudah memperoleh 300 (tiga ratus) anggota. Klub yang didirikan oleh seorang alumnus Politeknik Pos Indonesia Bandung ini, memiliki target untuk mencapai anggota sejuta filatelis. Manfaat dari didirikannya Klub ini adalah dimana anggota Klub dapat menambah teman atau relasi baru, menjalin persahabatan dan saling mengenal, saling berbagi pengalaman, bertukar informasi dan berdiskusi. Selain itu juga anggota Klub juga dapat menampilkan sejumlah koleksi filateli yang dimiliki atau bertukar koleksi Filateli dengan anggota lain. Bagi Administrator (pendiri) Klub dapat mempromosikan semua Produk Filateli yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia kepada seluruh Anggota Klub kapan saja cukup dengan sekali klik Pesan atau penawaran Produk akan masuk ke inbox seluruh anggota Klub Prangko PRISMA. 

2. Membuat Website seputar dunia Filateli dan melayani pembelian Prangko PRISMA secara Online.
Prangko Indonesia juga sangat digemari oleh filatelis dari negara lain, untuk memudahkan filatelis dari Negara lain untuk mengumpulkan dan mengoleksi Prangko terbitan Indonesia, maka salah satu cara yang dilakukan Kantor Pos Tanjungpinang adalah membuat sebuah website e-commerce yang bisa di akses dari semua Negara di Dunia dan melakukan transaksi pembelian Prangko di http://www.prangkoprisma.com. Sedangkan Bagi anggota Klub Pangko PRISMA yang sudah bergabung di Facebook dan ingin menambah koleksi Filatelinya atau ingin mengabadikan momen-momen berharga dalam kehidupan bersama Prangko PRISMA dapat mengunjungi situs http://www.prangkoprisma.com dan memesan Prangko secara online. 
Dimana untuk warga Negara Indonesia dapat melakukan pembayaran via Wesel Pos dan Transfer via Bank, sedangkan untuk pesanan dari Warga Negara Asing metode pembayaran dapat menggunakan Western Union (WU). 

3. Bekerja sama dengan pihak sekolah
Selain Promosi secara Online, secara offline Kantor Pos Tanjungpinang juga melakukan kegiatan atau event pameran Filateli, Lomba Menulis tingkat pelajar, dan pengenalan awal Seputar Dunia Filateli ke sekolah-sekolah. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat berguna untuk tujuan marketing jangka panjang dimana pelajar yang mendapatkan edukasi baik berupa seminar maupun presentasi tadi akan tumbuh kecintaannya terhadap Filateli dan membudayakan kegemarannya untuk berkirim surat serta dapat mewariskannya ke anak cucunya kelak. 






3 comments:

  1. Salam kenal pak, saya seorang pekerja di bidang konstruksi. Saya sekarang berada di Tanjung Balai Karimun. Saya pingin bersilaturhami dengan blogger yang ada dikarimun.

    ReplyDelete
  2. Slam kenal kembali pak, kami juga pingin bersilaturhami dengan blogger yang ada dikarimun, namun kami berada di tanjungpinang beda pulau pak...

    ReplyDelete
  3. Nice Artikel, inspiring in my angle.
    Have a nice day :)

    ReplyDelete