Saturday, March 26, 2016

Aksi Bersih Tanda Peduli






Seluruh karyawan Kantor Pos Lubuklinggau melakukan kegiatan bersih-bersih bersama ibu-ibu petugas kebersihan dilikungan kerja dan sepanjang jalan protokol Jl Garuda dan Jl Yos Sudarso


Kegiatan dilakukan mulai dari jam 05.30 wib saat itu masih gelap, kebetulan malam harinya turun hujan, jadi sampah agak sedikit basah. Sebelum melakukan pekerjaan beberapa karyawan agak sedikit mengeluh tentang keadaan tumpukan sampah yang basah. Sengaja kami dan rekan-rekan kerja datang terlebih dahulu sebelum ibu-ibu petugas kebersihan datang. Tak lama Ibu Hasana datang dengan membawa sapu, serokan dan kantong sampah. Pada saat itu sebenarnya kami mengundang 5 orang petugas kebersihan yang wilayah tugasnya tidak jauh dari tempat kami. Ternyata 4 orang petugas lagi langsung berangkat kewilayah tugas mereka, karena mereka juga punya tanggung jawab membersihkan daerah tempat tugas mereka sebelum waktu yang telah ditetepakan.  



Beberapa rekan kami menjemput ibu-ibu yang terlanjur berangkat kewilayah tugas mereka untuk datang kekantor, yaitu wilayah yang kami tetapkan sebagai titik awal kami melakukan kegiatan bersih-bersih ini. Awalnya mereka agak khawatir untuk  ikut, akan tetapi setelah diyakinkan bahwa kami beramai-ramai akan membantu, akhirnya mereka ikut juga. Saat mereka sampai kami sudah mulai dengan menyapu dan mengumpulkan sampah. Ibu-ibu itupun langsung ikut bekerja bersama kami. Dengan melihat mereka bekerja diusia mereka yang tidak muda lagi, kami semua merasa lebih semangat mengerjakan ini beramai-ramai. Sampah yang basah sudah tidak lagi menjadi persoalan. Semua bekerja giat walaupun masih ada senda gurau bersama ibu-ibu petugas kebersihan. Salah satu rekan kami menyarankan kalau hari itu ibu-ibu sebaiknya jadi mandor kami saja hari ini ibu jadi bosnya saja bu, tengok kami bekerjaujar teman kami dan diikuti tawa si ibu-ibu. Saat itu juga ibu-ibu memang tidak banyak bekerja, karena pekerjaan mereka diambil alih oleh kami, walaupun terkadang terdengar sesekali mereka memarahi dan memberitahu beberpa rekan yang kerjaannya kurang bersih. Tetapi itu justru menjadi hiburan dan membuat kami tertawa bersama. Selama membersihkan kami juga langsung mengumpulkan sampah-sampah sesuai kategorinya, yaitu sampah plastik, kertas atau kardus, besi dan kayu serta sampah basah. Pekerjaan kami bisa dikatakan sangat cepat selesai karna dilakukan bersama-sama. Ibu-ibu petugas kebersihan tidak henti-hentinya mengucapkan terimakasih karena telah membantu pekerjaannya. Melihat ibu-ibu itu tersenyum ada rasa gembira yang takterhingga didalam hati kami semua.

No comments:

Post a Comment