Sunday, March 27, 2016

Berbagi Senyum dan Cerita Pagi


Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan bukan hanya tugas para petugas kebersihan saja melainkan itu adalah tugas kita bersama. Banyak hal yang menarik ketika kami menggantikan hampir semua pekerjaan petugas kebersihan yang berkerja saat itu bersama kami. Dari mulai menyapu, mengendarai grobak motor hingga mengankut sampah dengan  truk sampah sampai kepembuangan akhir sampah

Sebenarnya beberapa dari kami terutama rekan laki-laki mengikuti truck pengangkut sampah sepanjang jalan protokol dan pasar utama hingga kepembuangan sampah. Mereka tidak hanya ikut untuk menemani petugas kebersihan, boleh dikatakan mereka mengambil alih pekerjaan petugas kebersihan. Dari mulai supir truk yang digantikan salah satu rekan kami, sehingga pak supir hanya duduk disamping rekan kami untuk menunjuk arah yang harus dilewati.

Naik keatas trcuk yang penuh sampah dan bau berkeliling kota tidaklah mudah. Hampir semua dari kami mengaku awalnya sangat sulit bernapas. Apa lagi sampah tersebut basah akibat hujan yang turun saat malam hari. Tapi karena keikhlasan kami untuk membantu petugas kebersihan, Alhamdulillah kami dapat menyesuaikan

Kami semua sangat bersemangat, tanpa harus diperintah semua dengan cepat turun dari truck untuk mengangkat sampah disetiap bak-bak pinggir jalan. Tidak hanya itu, cerita lucu juga datang dari rekan kami yang lainnya. Ketika mereka bertugas mengangkut sampah dengan motor grobak sampah. Karena yang mengendarai motor grobak sampah tersebut adalah petugas antaran kami yang tidak diragukan lagi jam terbangnya dalam mengendarai motor. Maka dengan percaya dirinya dia mengendarai motor grobak tersebut bersama teman-teman yang naik dibelakang. Ternyata mengendarai motor grobak tersebut tidaklah mudah, saat melawati tikungan yang sedikit basah akibat hujan mereka kehilangan kendali dan hampir saja terbalik. Tapi untunglah setelah belok kekiri dan kekanan akibat hilang kendali, motor grobak tersebut dapat dikendalikan dengan baik.  


Beberapa orang dari kami yang sudah terlebih dahulu sampai dipembuangan akhir sampah itu sangat terkejut. Setelah itu kami semua tertawa termasuk mereka yang naik diatas motor grobak tersebut. Pada hari itu kami merasa letih dan juga bergembira. Pengalaman tersebut membuat kami lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan yang telah kami punya saat ini. Semua dari kami bercerita kalau kami lebih bersyukur setelah bekerja bersama para petugas kebersihan tersebut. Kami juga berharap dengan melakukan kegiatan ini tidak hanya  dapat meringankan pekerjaan petugas kebersihan semata, tapi juga dapat menimbulkan rasa cinta kami terhadap lingkungan dan yang terpenting adalah kerjasama kami sesama rekan kerja yang semakin erat dalam melakukan semua pekerjaan.

No comments:

Post a Comment